makalah pertumbuhan ekonomi indonesia

Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan hidayah-Nya, sehingga penyusunan halaman makalah ini dengan Judul makalah pertumbuhan ekonomi indonesia dapat berjalan tanpa halangan yang berarti, dari awal sampai selesai. Halaman Makalah ini adalah hasil search file word dari google. Penyusun menyadari akan kemampuan yang sangat terbatas sehingga dalam penyusunan makalah ini banyak kekurangannya. Namun makalah yang disajikan sedikit banyak bermanfaat bagi penyusun khususnya dan mahasiswa lain pada umumnya.

Makalah Harian Ekonomi Neraca : DOC
Jenis Berkas: Microsoft Word
Pada tahun itu, jelas Elfian, pertumbuhan ekonomi Indonesia didongkrak oleh hampir 45% lapangan usaha dalam komponen Produk Domestik Bruto (PDB) yang tumbuh lebih dari 10%. Pertumbuhan tersebut diperkuat lagi oleh lebih dari 30% lapangan usaha dengan pertumbuhan pada kisaran 5 hingga hampir 10%. Sedangkan lapangan usaha yang tumbuhnya antara 1 hingga hampir 5% hanya pada kisaran 20% lapangan usaha.

Indonesia pernah mengalami pertumbuhan ekonomi nonmigas hampir dua digit (9,24%) pada tahun 1995. Namun, Elfian menggarisbawahi, ketika itu hampir separuh lapangan usaha dalam komponen PDB tumbuh di atas 10%, dan sepertiganya tumbuh pada kisaran 5 hingga hampir 10%. Tidak ada pertumbuhan minus atau di bawah 1%. Makanya, dibutuhkan skenario pencapaian pertumbuhan ekonomi yang benar-benar rasional, di samping harus memasukkan potensi-potensi dampaknya terhadap ekologi.


MAKALAH SISTEM EKONOMI INDONESIA : DOC
Jenis Berkas: Microsoft Word
Sebelum membahas tentang pertumbuhan ekonomi terlebih dahulu kita akan bahas beberapa teori pertumbuhan ekonomi yang dikemukakan beberapa ahli. Pada abad-19 banyak ahli ekonomi yang menganalisis dan membahas, serta mengemukakan teori-teori tentang tingkat-tingkat pertumbuhan ekonomi. Antara lain Retrich List, Brunohilder Brand, Karl Bucher dan Walt Whitman Rostow. Retrich List adalah penganut paham laisser-vaire dan berpendapat bahwa sistim ini dapat menjamin alokasi sumber-sumber secara optimal tetapi proteksi terhadap industri-industri tetap diperlukan.

Sejarah perencanaan pembangunan di Indonesia sejak tahun 1945 hingga kini mengalami berbagai perkembangan sejalan dengan tingkat stabilitas politik dan keamanan. Artinya faktor-faktor sosial politik ekonomi, perhitungan akurat yang tidak ambisius, pengawasan yang kontinyu, pelaksanaan koordinasi dan singkronisasi yang baik, serta pembiayaan yang memada, merupakan hal yang sangat mempengaruhi keberhasilan pembangunan suatu negara.


MAKALAH TUGAS EKONOMI MAKRO: DOC
Jenis Berkas: Microsoft Word
Tanggapan yang saya berikan merupakan tanggapan yang disesuaikan dengan tanggapan para ahli ekonomi Indonesia tentang pertumbuhan ekonomi Indonesia 2008 ini. Meskipun demikian , penulis tetap menyadari bahwa isi dari paper ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu penulis tetap mengharapkan kritik dan saran dari para pembaca untuk kesempurnaan penulisan dan penyusunan paper ini.

Kami perkirakan, momentum ekonomi dan laju petumbuhan ekonomi yang tinggi, disertai dengan kenaikan investasi pemerintah bakal dapat mempertahankan prospek positif ekonomi Indonesia pada tahun depan, meskipun ada perlambatan global," ungkap Country Director Bank Dunia untuk Indonesia, Joachim von Amsberg, di Jakarta, Kamis, saat menyampaikan hasil tinjauan semesteran terbaru Bank Dunia tentang ekonomi Asia Timur dan Indonesia.


MAKALAH REFORMASI HUKUM EKONOMI INDONESIA: DOC
Jenis Berkas: Microsoft Word
Di samping itu, reformasi hukum ekonomi di Indonesia tampaknya sudah sangat mendesak untuk ditangani karena globalisasi ternyata telah memakan korban8, negara Indonesia yang selama ini lebih memberi prioritas pada pertumbuhan ekonomi9 daripada pemerataan ekonomi ternyata mengalami masa-masa yang sulit, krisis ekonomi yang dialami sejak pertengahan tahun 1997 telah meluluhlantahkan komponen fundamental ekonomi10 sehingga tingkat pertumbuhan untuk tahun 1998 telah terukur dengan tanda ‘minus’. Kondisi ini menunjukkan bahwa sejak saat masuk abad ke-21 atau millennium baru ini, Indonesia belum siap menghadapi era perdagangan bebas.

Pada saat rezim Soeharto masih berkuasa, sebagian masyarakat Indonesia tidak sempat membayangkan kalau negaranya akan jatuh miskin seperti sekarang ini. Pada saat itu program pembangunan Indonesia banyak mendapat pujian dari dunia internasional, di antaranya keberhasilannya meraih swasembada beras, dan keberhasilannya memacu pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi sehingga menjadi salah satu negara di Asia yang mendapat julukan ‘keajaiban Asia’.


MAKALAH PEREKONOMIAN INDONESIA PADA 2050: DOC
Jenis Berkas: Microsoft Word
Rata-rata laju pertumbuhan penduduk Indonesia per tahun selama periode 1990-2000 adalah 1,49% per tahun. Angka ini sudah menurun dibandingkan dengan rata-rata laju pertumbuhan penduduk periode 1980-1990 yang mencapai 1,97% per tahun (Anonymous, 1997). Pertumbuhan penduduk pada tahun 2000-2005 semakin menurun, namun masih relatif tinggi yaitu 1,34% per tahun. Sehubungan dengan pertumbuhan jumlah sumberdaya.

Angka partisipasi anak usia dini (PAUD) di Indonesia memang masih rendah, yakni di bawah 20. Sementara negara-negara dengan penghasilan rendah telah mencapai 24. Di antara negara-negara ASEAN, Indonesia juga masih di bawah, karena Vietnam 43, Filipina 27, Thailand 86, dan Malaysia 89. Dengan angka itu, Indonesia menjadi salah satu negara yang paling rendah tingkat partisipasi PAUD di dunia (Dharmawan, 2006).

0 komentar:

Poskan Komentar